PENTINGNYA PUBLIK RELATION (HUMAS)

23.24.00


Mengapa humas begitu penting dalam suatu perusahaan/lembaga, seperti yang kita ketahui Humas adalah penghubung lembaga/perusahaan kepada karyawan dan khalayak.

Salah satu fungsi terpenting dalam humas yaitu mengambil perhatian masyarakat. Namun humas juga memiliki fungsi lain yang patut diperhitungkan yakni sebagai penghubung yang kreatif.  


Robert. Mastron
mendefinisakan: “Humas merupakan komunikasi persuasif  yang direncanakan untuk mempengaruhi masyarakat.” Ada dua macam komunikasi yang digunakan oleh seoarang pegawai humas yaitu: Komunikasi kedalam(internal) dan keluar(eksternal) tujuan utama staf humas yaitu menjangkau masyarakat dengan cara yang seefektif mungkin. Inilah contoh komunikasi keluar.

Sedangkan contoh komunikasi kedalam seperti: apabila pimpinan perusahaan atau lembaga ingin memberikan suatu program baru guna kepentingan karyawan, maka program tersebut diperkenalkan oleh humas.

Humas adalah penghubung antara pimpinan perusahaan/lembaga dengan para karyawan, pimpinan perusahaan/lembaga dengan perusahaan lain, perusahaan dengan konsumen, dan perusahaan dengan masyarakat.

Mengapa humas begitu penting dalam suatu perusahaan/lembaga?. komunikasi humas kedalam (internal), informasi mengalir dari pimpinan kepada karyawan, memungkinkan terjadinya pengertian dan kerjasama yang lebih baik. Sedangkan komunikasi humas keluar (eksternal), informasi mengalir dari perusahaan kepada masyarakat guna mencapai tujuan yang dikehendaki atau yang direncanakan.

Bob weinstein. Publik Relation. Semarang: Dahara Prize, 1986.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon

Subscribe