REVISI
PENGANTAR
MANAJEMEN
DI
BUAT UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN
OLEH
: MUHAMMAD FUAD FACHRUDIN
NIM
: 20130730261
DOSEN
: SUTRISNO,SEI.,M.Si
EKONOMI
DAN PERBANKAN ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TAHUN
2013/2014
Dengan menyebut nama Allah SWT. yang telah memberikan waktu, kesempatan,
dan kemudahan penulis untuk menyelesaikan makalah Pengantar Manajemen ini.
Sebelum masuk
pada isi di dalam makalah ini mungkin diantara kita sudah tidak asing dengan
kalimat manajemen dan ketika istilah manajemen banyak diadopsi oleh para pihak
dalam berbagai bidang kehidupan, orang dengan mudah menganggap bahwa manajemen
merupakan suatu konsep yang sangat sederhana. Akhirnya, orang dengan mudah
merangkai kata manajemen dengan permasalahan yang harus dipecahkan. Tetapi pada
kenyatannya manajemen bukanlah konsep yang sangat sederhana dan semudah seperti
kita membalik telapak tangan,karena manajemen adalah sumber dari segala sumber
konsep yang akan kita lakukan, dalam segi berorganisasi, berwira usaha, sampai
kesegala seluruh aspek kehidupan kita semua tak lepas dari menejemen.
Maka dari itu di
dalam makalah ini akan menjelaskan tentang pengenalan atau pengantar manajemen yang
di dalamnya berisi definisi, proses, pembagian, sejarah, dan evolusi manajemen.
Agar penulis khususnya dan kepada pembaca lebih mengerti tertang manajemen.
Makalah ini di buat untuk memenuhi
tugas mata kuliah Pengantar Manajemen dengan semaksimal mungkin sesuai dengan
kemampuan yang kami miliki dan bantuan dari beberapa referensi. Dan kami
ucapakan kepada Sutrisno SEI., M.Si, selaku dosen mata kuliah Pengantar
Manejemen yang telah memberikan tugas ini semoga makalah ini berguna dan dapat
membantu kita di segala semua aspek kehidupan, amiiin.
Yogyakata,
3 Januari 2014
Penulis,
M.Fuad
Fachrudin
DAFTAR
ISI
COVER ..........................................................................................................................
1
DAFTAR
ISI
..................................................................................................................
3
RINGKASAN BERDASARKAN MAKALAH
................................................. 12
RINGKASAN PRIBADI .....................................................................................
13
HASIL
WAWANCARA
.............................................................................................
14
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
LATARBELAKANG
Istilah
manajemen berasal dari kata management (bahasa inggris), berasal dari kata “ to
manage “ yang artinya mengurus atu tata
laksana. Sehinnga manajemen dapat di artikan bagaimana cara megatur,membimbing
dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usah yang sedang
dikerjaan dapat mrncapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumya sedangkan
pengertian umumnya Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi,
mengarahkan, mengorganisasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien
dan efektif tujuan organisasi atau Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, penarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi
dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah
di tetapkan (Stoner).
Manajemen merupakan ilmu dan seni di mana terdapat 4
utama fungsi yaitu dalam manajemen:
Perencanaan
(planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Acuating) dan Pengawasan
(Controling). Selain penjelasan tentang apa yang di maksud pengantar manajemen
dan proses manajemen diatas terdapat juga evolusi teori-teori manajemen klasik,
dan Bagamaina teori manajemen dapat berevolusi.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Dengan latar
belakang yang sudah di jelaskan sebelumnya kami akan membahas masalah mengenai:
1. Bagaimana
sejarah ilmu manajemen?
2. Apa
yang di maksud manajemen?
3. sebutkan
proses dan pembagian manajemen ?
4. Apa
yang di maksud evolusi teori manajemen?
5. Bagamaina
teori manajemen dapat berevolusi?
C.
TUJUAN
jika di lihat rumusan masalah di atas, bahwa makalah ini
mempunyai tujuan :
1. Agar
mengetehui asal-asul atau sejarah manajemen
2. Agar
kita semua mengetahua dan mengerti apa yang di maksud dengan menejemen.
3. Mengetahui
alur atau tahapan-tahapan dan pembagian
manajemen .
4. Lebih
memehami manajemen berevolusi.
5. Memahami
teori manajemen dapat berevolusi.
BAB
2
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH
ILMU MANAJEMEN
Banyak kesulitan yang terjadi dalam
melacak sejarah manajemen, namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak
ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di
Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun.
Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa
memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang
harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan
mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin
bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Praktik-praktik
manajemen lainnya dapat disaksikan selama tahun 1400-an di kota VenesiaItalia, yang
ketika itu menjadi pusat perekonomian dan perdagangan. Penduduk
Venesia mengembangkan bentuk awal perusahaan bisnis dan melakukan banyak
kegiatan yang lazim terjadi di organisasi moderen saat ini. Sebagai contoh, di
gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang kanal; pada
tiap-tiap perhentian, bahan baku dan tali layar ditambahkan ke kapal tersebut.
Hal ini mirip dengan model lini perakitan yang dikembangkan oleh Henry Ford untuk merakit mobil-mobilnya. Selain lini perakitan, orang Venesia
memiliki sistem penyimpanan dan pergudangan untuk memantau isinya, manajemen
sumber daya manusia untuk mengelola angkatan kerja, dan sistem akuntansi untuk
melacak pendapatan dan biaya.
B.
DEFINISI
MENEJEMEN
Ada beberapa
tokoh mendefinisikan manajemen sebagai berikut:
1. Ensiclopedia Of
The Social Sciences
Diartikan
sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan
diawasi.
2. Mary Parker
Follet
Diartikan
manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
3. Thomas H. Nelson
Manajemen
perlahan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan
orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya
dengan menguntungkan.
4. G.R. Terry
Manajemen
diartikan sebagai proses yang khas yang
terdiri atas perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk
menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya
manusia dan sumber daya lainnya.
Manajemen juga
sering di definisikan sebagai “Seni
untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. “ Selain itu,
manajemen juga dapat diartikan suatu proses perencanaan pengorganisasian
pemimpinan dan pengendalian anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya
organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
C.
PROSES
DAN PEMBAGIAN MANAJEMEN
a. Proses Manajemen
Kita
mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses karena semua manajer apapun
keahlian dan keterampilannya terlibat dalam kegiatan – kegiatan yang saling
berkaitan untuk mencapai tujuan organisasi.
Dan di bawah ini
adalah proses-proses manejemen yang menjelaskan planning,organizing,actuating,
dan controling:
1. Perencanaan ( Planning ):
Proses yang
menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang
akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan
target dan tujuan organisasi.
2.
Pengorganisasian
( organizing ) :
Proses yang
menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan
tangguh,sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan dapat memastikan
bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien
guna pencapaian tujuan organisasi.
3.
Pengarahan
( actuating ):
Proses
implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi
serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung
jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
4.
Pengendalian
( controling ):
Proses yang
dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah
direncanakan,diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan
target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan
dunia bisnis yang dihadapi.
b. Pembagian Manajemen :
Mnajemen di bagi
menjadi empat yaitu:
1.
Manajemen
Sumber Daya Manusia:
Kegiatan
manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis
yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan
tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan
ataupun bertambah.
2.
Manajemen
Operasional:
Kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang
ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen,dengan teknik produksi yang seefesien
mungkin,dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang
dihasilkan dalam proses produksi.
3.
Manajemen
Pemasaran:
Kegiatan
manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk
mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen,dana bagaimana
cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
4.
Manajemen
Keuangan:
Kegiatan
manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan
bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis
yaitu diukur berdasarkan profit.Tugas manajemen keuangan diantaranya
merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh,dan dengan cara bagaimana
modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang
dijalankan.
D.
EVOLUSI
TEORI MANAJEMEN
Manajemen ilmiah
: Penggunaan metode-metode ilmiah untuk merumuskan “ satu-satunya jalan
terbaik” untuk dan sesudah terbitnya buku itu memantapkan Taylor sebagai
“Bapak manajemen ilmiah”.
Pelopor-pelopor
manajemen ilmiah:
1. Frederick W.
Taylor
Taylor
berusaha menciptakan suatu revolusi mental Siantar baik para pekerja maupun
para manajer dengan merumuskan pedoman pedoman tegas untuk memperbaiki
efisiensi produksi efisien produksi.
2. Charles babbage
Babbage
merupakan penganjur awal prinsip pembagian kerja, Ia percaya bahwa setiap
pekerjaan dalam pabrik harus dipecah sehingga bermacam macam keterampilan yang
terlibat dapat dipisahkan sehingga lebih efisien.
Tokoh-tokoh lain dalam manajemen
ilmiah yaitu :
1.
Henry
L. Gantt
Ganttmeninggalkan
sistem pengupahan diferensial karena mempunyai dampak motivasi yang terlalu
kecil, dia kemudian mengajukan gagasan baru yaitu setiap pekerja yang
menyelesaikan tugas yang dibebankan kepadanya untuk suatu hari berhak menerima
bonus dan ia juga menambahkan motivasi kedua yaitu mandor Ian menerima bonus
apabila semua pekerja juga mencapai standar itu. Sehingga para pekerja
melakukan pekerjaannya dan lebih baik.
2.
Henri
Fayol
Henri
Fayol mengungkapkan prinsip-prinsip manajemennya sebagai
berikut:
1)
Pembagian kerja
(Division Of Labor)
2)
Otoritas atau
wewenang (Authority)
3)
Disiplin
4)
Kesatuan
perintah dan arah
5)
Mengutamakan
kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
6)
Pemberian upah
7)
Pemusatan
8)
Tata tertib
9)
Kestabilan staf
dan jenjang jabatan
10) Inisiatif
dan semangat Korps
11) Jenjang
jabatan
12) Kesamaan
E.
BAGAIMANA
MANAJEMEN DAPAT BERVOLUSI
1.
Dominasi.
Satu aliran akan muncul menjadi yang paling
berguna.dengan menggunakan gagasan-gagasan dari aliran lain, pendekatan yang
dominan akan mendesak aliran lainnya dari bidang ini. Ini belum terjadi
Sekarang, asing-masing pendekatandiketahui memberikan sumbangan pandangan yang
kuat, dan memberikan “alat” dalam mengembangkan teori manajemen.
2.
Divergensi/penyimpangan.
Masing-masing
aliran utama dapat membelok dari jalurnya, dengan sedikit saja pengaruh dari
teori yang lain. Ini pun belum jelas terjadi saat ini.
3. Konvergensi/penggabungan.
Konvergensi ini
tidak merata, contohnya: peralatan khusus dan model matematika yang canggih
dari lmu manajemen belum diterima secara luas oleh pemikir-pemikir yang tidak
berorientasi pada teknik. Nyatanya, beberapa orang melihat kecenderungan pas
konvergensi sebgai dominasi satu aliran pada aliran lainnya.
4. Sintesis.
Ahli-ahli teori
yang lain memandang konvergensi yang terlihat sekarang ini akan mengarah pada
intregasi perspektif aliran-aliran yang ada.
5. Penambahan aliran baru.
Sebagai kemungkinan terakhir, masih
akan timbul lebih banyak aliran/perspektif. Sekali lagi, sampai tingkat
tertentu hal ini mungkin akan terjadi. Pada tahun 1961, dalam suatu tulisan
yang terkenal, “The Manajemen Theory Jungle,” Harold Koontz
melihat enam aliran utama teori manajemen . hampir dua puluh tahun kemudian
menemukan sebelas (dua kali lipat) namun banyak pendekatan baru tidak kelihatan
baru, tetapi memfokuskan perhatian pada sejumlah hal tertentu.
BAB 3
PENUTUP
RINGKASAN
A. RINGKASAN BERDASARKAN
MAKALAH
Sampai sekarang Banyak kesulitan yang terjadi dalam
melacak sejarah manajemen, tetapi di duga manajemen talah ada ribuan tahun lalu
dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir yang di bangun lebih dari 100 orang
selama 20 tahun, karena tidak mungkin piramida itu berdiri rapi tanpa seorang
manajer yang mengatur sampai berdiri bangunan yang luarbiasa ini. Praktik-praktik
manajemen lainnya dapat disaksikan selama tahun 1400-an di kota VenesiaItalia, yang
ketika itu menjadi pusat perekonomian dan perdagangan.Sebagai
contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang kanal;
pada tiap-tiap perhentian, bahan baku dan tali layar ditambahkan ke kapal
tersebut, danmanajemen sumber daya manusia untuk mengelola angkatan kerja, dan
sistem akuntansi untuk melacak pendapatan dan biaya.
Banyak sekali
definisi-defini manajemen yang di kemukakan para tokoh-tokoh manajemen tatapi
di seluruh definisi dapat di ambil kesimpulan bahwa manajemen juga sebagai “Seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan
melalui orang lain. “
Selain itu, manajemen juga dapat diartikan suatu proses perencanaan
pengorganisasian pemimpinan dan pengendalian anggota organisasi dan penggunaan
semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen
merupakan ilmu dan seni di mana terdapat 4 utama fungsi yaitu dalam manajemen
Perencanaan(planning),Pengorganisasian(Organizing), Pengarahan(Acuating) dan
Pengawasan (Controling). Dan sealain itu manajeen juga di bagi manjadi beberapa
bagian yaitu manajemen sumber daya manusia, operasional, keuangan dan keuangan.
Tiga aliran pemikiran manajemen
yang telah mapan yaitu klasik, prilaku, dan kuantitatif telah menyumbangkan
kepada para manager pengetahuan tentang organisasi dan pada kemampuanya
mengelola. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam
menentukan masalah manajemen dan peluang dan dalam peluang, mengembangkan cara
untuk menghadapinya
selain itu Manajemen
juga dapat berovolusidi karenakan adanya dominasi, divergensi/penyimpangan,
sinteteis, danpenambahan alairan baru.
B.RINGKASAN PRIBADI
Dengan
penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa manajemen bukanlah ilmu yang baru
lahir tetapi manajemen adalah ilmu yang sudah ada sejak lama dengan bukti-buki
yang sudah di jelaskan pada kesimpulan makalah.
Manajemen adalah suatu lingkup proses yang di dalamnya berisi
tentang perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan yang semua itu
bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
Di dalam proses manajemen terdapat beberapa fungsi yaitu
planning(perencanaan), organizing(pengorganisasian), actuating(pergerakan), dan
controling(pengawasan)
Evolusi manajemen mempunyai 3 pemikiran yang mapan yaitu
klasik, prilaku, dan kuantitatif yang semuanya telah menyumbangkan devinisi
yang membantu para manajer-menejer tentang keilmuan dan kemampuan untuk
mengelola suatu organisasi.
Manajemen dapat berovolusi di karenakan adanya dominasi,
divergensi/penyimpangan, sinteteis, dan penambahan alairan baru.
HASIL WAWANCARA
BIODATA
NARASUMBER
Nama : Zaini Rahman
Tempat tanggal lahir : Tulang
Seluang, 15 Februari 1985
Status : Menikah.
Jabatan : Accoun Manager PT. Shell
Indonesia
Jumlah anak : 1 (kandung)
Alamat : Banjar Baru, Kalimantan.
Riwayat pendidikan : TK Aisyah
Bantul, Metro, Lampung
SDN 2 Bantul,Metro Lampung
MAN 2 Metro, Lampung
Institut sains & Teknologi Akprindo Yogyakarta
Institut sains & Teknologi Akprindo Yogyakarta
ALAMAT PERUSAHAAN
Nama
perusahaan : Shell Indonesia
Alamat perusahaan : Jl. Jend A. Yani
36-38 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
WAKTU WAWANCARA
Hari / tanggal : Jum’at 10 Januari 2014
Waktu : 10.00 Wib.
Tempat : Jl. Parang tritis km.7
bertepatan pada saat acara keluarga bapak Zaini.
DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA
1.
Bapak bekerja di perusahaan apa dan
kedudukan bapak apa di di dalam perusahaan bapak?
2.
Bagaimana
menejemen menurut bapak dan seberapa penting manejemen bagi perusahan bapak?
3.
manajemenapa
yang relevan di perusahaan bapak?
4.
Apa
saja Faktoryang membuat manajemen tidak berjalan lancar di perusahaan bapak?
5.
Bagai
mana cara mengatasi orang yang tidak sependapat dengan manajemen yang telah di
terapkan di perusahaan bapak?
DAFTAR JAWABAN
1.
Nama
perusahaan PT.Shell Indonesia
Jabatan Accoun
Manager
2.
Pengertian
dasar dari managemen adalah Mengatur dan melaksanakan.Jadi suatu perusahaan
harus dan wajib menggunakan sistem managemen,Tanpa managemen yang baik dalam
arti managemen yang terstruktur/terkontrol perushaan tersebut akan lebih baik.
3.
Di
perusahaan bapak manggunakan manajemen SDM di pakai oleh defisi marketing, manajemen
pemasaran dan dalam prosesnya pun sama ada plainning, organizing, actuating,
leading,coordinating, motivating, controling, reporting itu semua harus ada di
dalam perusahaan bapak.
4.
Biasanya
lebih dominan di marketing/sales tetapi sebenarnya saling mendukung, contoh
marketing tanpa stok atau produksi tidak bisa dan begitu juga sebaliknya sales
sport juga keteteran.
Jadi begini
untk lbh jlasnya, stock (oli, grease, pemium, solar) d produksi oleh singapora
& fhilipin,Indonesia di suport oleh csc dari Malaysia, Ksimpulannya sama seperti
yng telah di utarkan sebelumnya dan sifatnya untuk memperjelas saja.
5.
Nah
kalau pertanyaan yang terakhir berhubungan dengan manager HRD/SDM Yang
mengatur, mengawasi semua karyawan yang adadi dalam perushaan tersebut, dan
caranya biasanya kalau orang-orang tersebut tidak sependapat dengan kebijakan yang
di keluarkn oleh managemen perusahaan, melakukan pendekatan kepada orang yang
tidak sependapat untk mencari solusi yang terbaik,dan yang ke dua apabila dari
pendekatan tersebut tidak mandapat
solusi maka pihak HRD/SDM bisa mengeluarkan SP 1,2, dan 3 dan ketiganya
mengeluarkan surat pemecatan dengan tidak hormat begitu.
REFERENSI
Griffin.2003.
pengantar manajemen. Penerbit erlangga-Jakarat
Handoko, T. Hani.
1999. Manajemen. BPFE – Yogyakarta
komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon