CONTOH MAKALAH PENGANTAR MANAJEMEN

05.34.00
REVISI
PENGANTAR MANAJEMEN
DI BUAT UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN



OLEH : MUHAMMAD FUAD FACHRUDIN
NIM : 20130730261
DOSEN : SUTRISNO,SEI.,M.Si

EKONOMI DAN PERBANKAN ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TAHUN 2013/2014


KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah  SWT. yang telah memberikan waktu, kesempatan, dan kemudahan penulis untuk menyelesaikan makalah Pengantar Manajemen ini.
Sebelum masuk pada isi di dalam makalah ini mungkin diantara kita sudah tidak asing dengan kalimat manajemen dan ketika istilah manajemen banyak diadopsi oleh para pihak dalam berbagai bidang kehidupan, orang dengan mudah menganggap bahwa manajemen merupakan suatu konsep yang sangat sederhana. Akhirnya, orang dengan mudah merangkai kata manajemen dengan permasalahan yang harus dipecahkan. Tetapi pada kenyatannya manajemen bukanlah konsep yang sangat sederhana dan semudah seperti kita membalik telapak tangan,karena manajemen adalah sumber dari segala sumber konsep yang akan kita lakukan, dalam segi berorganisasi, berwira usaha, sampai kesegala seluruh aspek kehidupan kita semua tak lepas dari menejemen.
Maka dari itu di dalam makalah ini akan menjelaskan tentang pengenalan atau pengantar manajemen yang di dalamnya berisi definisi, proses, pembagian, sejarah, dan evolusi manajemen. Agar penulis khususnya dan kepada pembaca lebih mengerti tertang manajemen.
Makalah ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Manajemen dengan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang kami miliki dan bantuan dari beberapa referensi. Dan kami ucapakan kepada Sutrisno SEI., M.Si, selaku dosen mata kuliah Pengantar Manejemen yang telah memberikan tugas ini semoga makalah ini berguna dan dapat membantu kita di segala semua aspek kehidupan, amiiin.


Yogyakata, 3 Januari 2014
Penulis,

M.Fuad Fachrudin
DAFTAR ISI

COVER .......................................................................................................................... 1
DAFTAR ISI .................................................................................................................. 3
RINGKASAN BERDASARKAN MAKALAH ................................................. 12
RINGKASAN PRIBADI ..................................................................................... 13
HASIL WAWANCARA ............................................................................................. 14





BAB 1
PENDAHULUAN

      A.    LATARBELAKANG
            Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa inggris), berasal dari kata “ to manage “ yang artinya mengurus  atu tata laksana. Sehinnga manajemen dapat di artikan bagaimana cara megatur,membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usah yang sedang dikerjaan dapat mrncapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumya sedangkan pengertian umumnya Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarahkan, mengorganisasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi atau Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, penarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah di tetapkan (Stoner).
            Manajemen merupakan ilmu dan seni di mana terdapat 4 utama fungsi yaitu dalam manajemen:
            Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Acuating) dan Pengawasan (Controling). Selain penjelasan tentang apa yang di maksud pengantar manajemen dan proses manajemen diatas terdapat juga evolusi teori-teori manajemen klasik, dan Bagamaina teori manajemen dapat berevolusi.

      B.     RUMUSAN MASALAH
            Dengan latar belakang yang sudah di jelaskan sebelumnya kami akan membahas masalah mengenai:
1.      Bagaimana sejarah ilmu manajemen?
2.      Apa yang di maksud manajemen?
3.      sebutkan proses dan pembagian manajemen ?
4.      Apa yang di maksud evolusi teori manajemen?
5.      Bagamaina teori manajemen dapat berevolusi?


      C.    TUJUAN
            jika di lihat rumusan masalah di atas, bahwa makalah ini mempunyai tujuan :
1.      Agar mengetehui asal-asul atau sejarah manajemen
2.      Agar kita semua mengetahua dan mengerti apa yang di maksud dengan menejemen.
3.      Mengetahui alur atau tahapan-tahapan  dan pembagian manajemen .
4.      Lebih memehami manajemen berevolusi.
5.      Memahami teori manajemen dapat berevolusi.


BAB 2
PEMBAHASAN

      A.    SEJARAH ILMU MANAJEMEN
Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen, namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Piramida di Mesir Pembangunan piramida ini tak mungkin terlaksana tanpa adanya seseorang yang merencanakan, mengorganisasikan dan menggerakan para pekerja, dan mengontrol pembangunannya.


Praktik-praktik manajemen lainnya dapat disaksikan selama tahun 1400-an di kota VenesiaItalia, yang ketika itu menjadi pusat perekonomian dan perdagangan. Penduduk Venesia mengembangkan bentuk awal perusahaan bisnis dan melakukan banyak kegiatan yang lazim terjadi di organisasi moderen saat ini. Sebagai contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang kanal; pada tiap-tiap perhentian, bahan baku dan tali layar ditambahkan ke kapal tersebut. Hal ini mirip dengan model lini perakitan yang dikembangkan oleh Henry Ford untuk merakit mobil-mobilnya. Selain lini perakitan, orang Venesia memiliki sistem penyimpanan dan pergudangan untuk memantau isinya, manajemen sumber daya manusia untuk mengelola angkatan kerja, dan sistem akuntansi untuk melacak pendapatan dan biaya.


     B.     DEFINISI MENEJEMEN
Ada beberapa tokoh mendefinisikan manajemen sebagai berikut:
1.      Ensiclopedia Of The Social Sciences
Diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.
2.      Mary Parker Follet
Diartikan manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
3.      Thomas H. Nelson
Manajemen perlahan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
4.      G.R. Terry
Manajemen diartikan sebagai proses  yang khas yang terdiri atas perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Manajemen juga sering di definisikan sebagai  “Seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. “ Selain itu, manajemen juga dapat diartikan suatu proses perencanaan pengorganisasian pemimpinan dan pengendalian anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

     C.    PROSES DAN PEMBAGIAN MANAJEMEN
a.      Proses Manajemen
Kita mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses karena semua manajer apapun keahlian dan keterampilannya terlibat dalam kegiatan – kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan organisasi.
Dan di bawah ini adalah proses-proses manejemen yang menjelaskan planning,organizing,actuating, dan controling:
1.      Perencanaan ( Planning ):
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

2.      Pengorganisasian ( organizing ) :
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi.
3.      Pengarahan ( actuating ):
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
4.      Pengendalian ( controling ):
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

b.      Pembagian Manajemen :
Mnajemen di bagi menjadi empat yaitu:
1.      Manajemen Sumber Daya Manusia:
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
2.      Manajemen Operasional:
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen,dengan teknik produksi yang seefesien mungkin,dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
3.      Manajemen Pemasaran:
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen,dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.


4.      Manajemen Keuangan:
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh,dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.

      D.    EVOLUSI TEORI MANAJEMEN
Manajemen ilmiah : Penggunaan metode-metode ilmiah untuk merumuskan “ satu-satunya jalan terbaik” untuk dan sesudah terbitnya buku itu memantapkan Taylor sebagai “Bapak manajemen ilmiah”.
Pelopor-pelopor manajemen ilmiah:
1.      Frederick W. Taylor
Taylor berusaha menciptakan suatu revolusi mental Siantar baik para pekerja maupun para manajer dengan merumuskan pedoman pedoman tegas untuk memperbaiki efisiensi produksi efisien produksi.
2.      Charles babbage
Babbage merupakan penganjur awal prinsip pembagian kerja, Ia percaya bahwa setiap pekerjaan dalam pabrik harus dipecah sehingga bermacam macam keterampilan yang terlibat dapat dipisahkan sehingga lebih efisien.
Tokoh-tokoh lain dalam manajemen ilmiah yaitu :
1.      Henry L. Gantt
Ganttmeninggalkan sistem pengupahan diferensial karena mempunyai dampak motivasi yang terlalu kecil, dia kemudian mengajukan gagasan baru yaitu setiap pekerja yang menyelesaikan tugas yang dibebankan kepadanya untuk suatu hari berhak menerima bonus dan ia juga menambahkan motivasi kedua yaitu mandor Ian menerima bonus apabila semua pekerja juga mencapai standar itu. Sehingga para pekerja melakukan pekerjaannya dan lebih baik.
2.      Henri Fayol
Henri Fayol mengungkapkan prinsip-prinsip manajemennya sebagai berikut:
1)        Pembagian kerja (Division Of Labor)
2)        Otoritas atau wewenang (Authority)
3)        Disiplin
4)        Kesatuan perintah dan arah
5)        Mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
6)        Pemberian upah
7)        Pemusatan
8)        Tata tertib
9)        Kestabilan staf dan jenjang jabatan
10)    Inisiatif dan semangat Korps
11)    Jenjang jabatan
12)    Kesamaan

       E.     BAGAIMANA MANAJEMEN DAPAT BERVOLUSI
1.      Dominasi.
Satu aliran akan muncul menjadi yang paling berguna.dengan menggunakan gagasan-gagasan dari aliran lain, pendekatan yang dominan akan mendesak aliran lainnya dari bidang ini. Ini belum terjadi Sekarang, asing-masing pendekatandiketahui memberikan sumbangan pandangan yang kuat, dan memberikan “alat” dalam mengembangkan teori manajemen.
2.      Divergensi/penyimpangan.
Masing-masing aliran utama dapat membelok dari jalurnya, dengan sedikit saja pengaruh dari teori yang lain. Ini pun belum jelas terjadi saat ini.
3.      Konvergensi/penggabungan.
Konvergensi ini tidak merata, contohnya: peralatan khusus dan model matematika yang canggih dari lmu manajemen belum diterima secara luas oleh pemikir-pemikir yang tidak berorientasi pada teknik. Nyatanya, beberapa orang melihat kecenderungan pas konvergensi sebgai dominasi satu aliran pada aliran lainnya.
4.      Sintesis.
Ahli-ahli teori yang lain memandang konvergensi yang terlihat sekarang ini akan mengarah pada intregasi perspektif aliran-aliran yang ada.
5.      Penambahan aliran baru.
Sebagai kemungkinan terakhir, masih akan timbul lebih banyak aliran/perspektif. Sekali lagi, sampai tingkat tertentu hal ini mungkin akan terjadi. Pada tahun 1961, dalam suatu tulisan yang terkenal, “The Manajemen Theory Jungle,” Harold Koontz melihat enam aliran utama teori manajemen . hampir dua puluh tahun kemudian menemukan sebelas (dua kali lipat) namun banyak pendekatan baru tidak kelihatan baru, tetapi memfokuskan perhatian pada sejumlah hal tertentu.

BAB 3
PENUTUP

RINGKASAN
A.  RINGKASAN BERDASARKAN MAKALAH
Sampai sekarang Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen, tetapi di duga manajemen talah ada ribuan tahun lalu dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir yang di bangun lebih dari 100 orang selama 20 tahun, karena tidak mungkin piramida itu berdiri rapi tanpa seorang manajer yang mengatur sampai berdiri bangunan yang luarbiasa ini. Praktik-praktik manajemen lainnya dapat disaksikan selama tahun 1400-an di kota VenesiaItalia, yang ketika itu menjadi pusat perekonomian dan perdagangan.Sebagai contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang kanal; pada tiap-tiap perhentian, bahan baku dan tali layar ditambahkan ke kapal tersebut, danmanajemen sumber daya manusia untuk mengelola angkatan kerja, dan sistem akuntansi untuk melacak pendapatan dan biaya.
Banyak sekali definisi-defini manajemen yang di kemukakan para tokoh-tokoh manajemen tatapi di seluruh definisi dapat di ambil kesimpulan bahwa manajemen juga sebagai  “Seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. “ Selain itu, manajemen juga dapat diartikan suatu proses perencanaan pengorganisasian pemimpinan dan pengendalian anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen merupakan ilmu dan seni di mana terdapat 4 utama fungsi yaitu dalam manajemen Perencanaan(planning),Pengorganisasian(Organizing), Pengarahan(Acuating) dan Pengawasan (Controling). Dan sealain itu manajeen juga di bagi manjadi beberapa bagian yaitu manajemen sumber daya manusia, operasional, keuangan dan keuangan.
Tiga aliran pemikiran manajemen yang telah mapan yaitu klasik, prilaku, dan kuantitatif telah menyumbangkan kepada para manager pengetahuan tentang organisasi dan pada kemampuanya mengelola. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menentukan masalah manajemen dan peluang dan dalam peluang, mengembangkan cara untuk menghadapinya
             selain itu Manajemen juga dapat berovolusidi karenakan adanya dominasi, divergensi/penyimpangan, sinteteis, danpenambahan alairan baru.

B.RINGKASAN PRIBADI
            Dengan penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa manajemen bukanlah ilmu yang baru lahir tetapi manajemen adalah ilmu yang sudah ada sejak lama dengan bukti-buki yang sudah di jelaskan pada kesimpulan makalah.
            Manajemen adalah suatu lingkup proses yang di dalamnya berisi tentang perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan yang semua itu bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
            Di dalam proses manajemen terdapat beberapa fungsi yaitu planning(perencanaan), organizing(pengorganisasian), actuating(pergerakan), dan controling(pengawasan)
            Evolusi manajemen mempunyai 3 pemikiran yang mapan yaitu klasik, prilaku, dan kuantitatif yang semuanya telah menyumbangkan devinisi yang membantu para manajer-menejer tentang keilmuan dan kemampuan untuk mengelola suatu organisasi.
            Manajemen dapat berovolusi di karenakan adanya dominasi, divergensi/penyimpangan, sinteteis, dan penambahan alairan baru.












HASIL WAWANCARA

          BIODATA NARASUMBER
            Nama : Zaini Rahman
            Tempat tanggal lahir : Tulang Seluang, 15 Februari 1985
            Status : Menikah.
            Jabatan : Accoun Manager PT. Shell Indonesia
            Jumlah anak : 1 (kandung)
            Alamat : Banjar Baru, Kalimantan.
            Riwayat pendidikan : TK Aisyah Bantul, Metro, Lampung
SDN 2 Bantul,Metro Lampung
MAN 2 Metro, Lampung
Institut sains & Teknologi Akprindo Yogyakarta

            ALAMAT PERUSAHAAN
            Nama perusahaan : Shell Indonesia
            Alamat perusahaan : Jl. Jend A. Yani 36-38 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
            Website : Www.Shell.com

WAKTU WAWANCARA
            Hari / tanggal : Jum’at 10 Januari 2014
            Waktu : 10.00 Wib.
            Tempat : Jl. Parang tritis km.7 bertepatan pada saat acara keluarga bapak Zaini. 


DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA
1.      Bapak bekerja di perusahaan apa dan kedudukan bapak apa di di dalam perusahaan bapak?
2.      Bagaimana menejemen menurut bapak dan seberapa penting manejemen bagi perusahan bapak?
3.      manajemenapa yang relevan di perusahaan bapak?
4.      Apa saja Faktoryang membuat manajemen tidak berjalan lancar di perusahaan bapak?
5.      Bagai mana cara mengatasi orang yang tidak sependapat dengan manajemen yang telah di terapkan di perusahaan bapak?

DAFTAR JAWABAN
1.      Nama perusahaan PT.Shell Indonesia
Jabatan Accoun Manager
2.      Pengertian dasar dari managemen adalah Mengatur dan melaksanakan.Jadi suatu perusahaan harus dan wajib menggunakan sistem managemen,Tanpa managemen yang baik dalam arti managemen yang terstruktur/terkontrol perushaan tersebut akan lebih baik.
3.      Di perusahaan bapak manggunakan manajemen SDM di pakai oleh defisi marketing, manajemen pemasaran dan dalam prosesnya pun sama ada plainning, organizing, actuating, leading,coordinating, motivating, controling, reporting itu semua harus ada di dalam perusahaan bapak.
4.      Biasanya lebih dominan di marketing/sales tetapi sebenarnya saling mendukung, contoh marketing tanpa stok atau produksi tidak bisa dan begitu juga sebaliknya sales sport juga keteteran.
Jadi begini untk lbh jlasnya, stock (oli, grease, pemium, solar) d produksi oleh singapora & fhilipin,Indonesia di suport oleh csc dari Malaysia, Ksimpulannya sama seperti yng telah di utarkan sebelumnya dan sifatnya untuk memperjelas saja.
5.      Nah kalau pertanyaan yang terakhir berhubungan dengan manager HRD/SDM Yang mengatur, mengawasi semua karyawan yang adadi dalam perushaan tersebut, dan caranya biasanya kalau orang-orang tersebut tidak sependapat dengan kebijakan yang di keluarkn oleh managemen perusahaan, melakukan pendekatan kepada orang yang tidak sependapat untk mencari solusi yang terbaik,dan yang ke dua apabila dari pendekatan tersebut  tidak mandapat solusi maka pihak HRD/SDM bisa mengeluarkan SP 1,2, dan 3 dan ketiganya mengeluarkan surat pemecatan dengan tidak hormat begitu.


REFERENSI

    Griffin.2003. pengantar manajemen. Penerbit erlangga-Jakarat
Handoko, T. Hani. 1999. Manajemen. BPFE – Yogyakarta



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon

Subscribe