PERBEDAAN MAKALAH INDUKTIF DAN DEDUKTIF

21.04.00


Makalah Yang Di Susun Berdasarkan Berpikir Deduktif
Berfikir deduktif atau berfikir rasional merupakan sebagian dari berfikir ilmiah. Makalah ini adalah makalah yang membahas atau memecahkan sebuah masalah atas dasar kajian teori dan khazanah ilmu pengetahuan. paling tidak ada tiga bagian pokok yang harus ada dalam makalah ini.
  1. Permasalahan
  2. Pembahasan atau pemecahan masalah teoretis
  3. Kesimpulan.
      lebih lanjut  makalah jenis ini terdiri dari latar brlakang, permasalahan atau hipotesis, pembahasan masalah, kesimpulan,  saran-saran, dan akhir makalah dengan daftar pustaka.

Makalah Yang Di Susun Berdasarkan Berfikir Induktif
Dalam makalah induktif , kesimpulan ditarik atas dasar data emperis. Makalah yang dibuat atas dasar berfikir induktif, salah satu di antaranya dilakukan melalui pendiskripsian gejala dan peristiwa berdasarkan pengamatan lapangan. Misalnya, mahasiswa jurusan atau bidang ekonomi datanng keperusahaan untuk mengamati proses produksi dan sistem organisasinya, kemudian hasil-hasailnya dilaporkan / ditulis. Apa yang ditulis mahasiswa adalah fakta, gejala, atau kejadian yang diamati di lapangan, kemudian diberi komentar dan pembahasan teori-teiri yang berkenaan dengan produksi atau teori organisasi.
contoh lain, mahasiswa yang mengambil keahlian pendidikan datang ke sekolah untuk mengamati bagaimana cara guru mengajar dan menilai para siswanya. Hasil-hasil-hasilnya dicatat, lalu ditulis sebagaimana adanya. Hasil yang diperoleh, kemudian dibahas mahasiswa dari sudut teori-teori belajar-mengajar dan teori  penilaian, kemidian disumpulkan sendiri bagaimana cara guru mengajar dan menilai, apakah mengikuti aturan teori atau tidak. Jadi makalah yang ditulis diawali dengan pengamatan emperis, hasilnya  dibandingkan dengan teori-teori yang relevan, kemudian disimpulkan. 


 melayani pembuatan: kaos, kemeja, jamper, pdl, polo, hoodie, sweater, topi, sablon kerudung almamater dll 
 untuk partai besar maupun kecil

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon

Subscribe