contoh resensi buku menyusun penelitian tindakan kelas

00.51.00
RESENSI BUKU
MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Disusun Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Bimbingan Konseling
Disusun Oleh :
M. Ihsan Alamin
(201 207 010 13828)

Dosen Pembimbing : Dr. Rofiatul Hosna, M. Pd

FAKULTAS  TARBIYAH

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI

TEBUIRENG - JOMBANG

2014
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat, hidayah, dan karunianya sehingga tugas meresensi buku yang berjudul “Menyusun Penelitian Tindakan Kelas” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Tidak lupa pula saya sebagaimengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan memberikan motivasi dalam upaya penyelesaian tugas ini.
Saya sangat berharap bahwa tugas meresensi buku yang saya buat ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang telah membaca tugas saya ini pada umumnya dan bermanfaaat untuk pembelajaran yang lebih baik lagi bagi saya pribadi pada khususnya.
Namun demikian, dalam penyusunan tugas meresensi buku yang berjudul “Menyusun Penelitian Tindakan Kelas” ini saya menyadari bahwa tidak menutup kemungkinan dalam tugas ini masih banyak terdapat kekurangan-kekurangannya, untuk itu saya mengharapkan masukan dan saran dari pihak-pihak yang telah meneliti tugas saya  ini demi keberhasilan yang lebih baik lagi untuk waktu yang akan datang. Karena saya menyadari bahwa segala kekurangan itu datangnya dari kita sendiri sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan jika terdapat kelebihan, semua itu tentu karena kehendak Allah SWT.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb








DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL............................................................................       i
KATA PENGANTAR..........................................................................       ii
DAFTAR ISI.........................................................................................      iii

BAB   1 IDENTITAS BUKU.........................................................................................        1
BAB   II SUBSTANSI / ISI BUKU...............................................................................        2
A.    Hakikat Dan Jenis-Jenis Penelitian..............................................................        2
B.     Keuntungan Melakukan Penelitian Tindakan Kelas....................................        3
C.     Modal Dasar Menjadi Peneliti.....................................................................        3
D.    Langkah-Langkah Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas..............        3
E.     Panduan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas........................................        3
F.      Contoh Hasil Penelitian Tindakan Kelas.....................................................        4
BAB  III PROBLEM / PERMASALAHAN................................................................        5
A.  Kelebihan Buku ..........................................................................................        5
B.  Kelemahan Buku .........................................................................................        5
BAB 1V SOLFING / PEMECAHANNYA..................................................................        6
BAB   VPENUTUP ........................................................................................................        7
A.  Kesimpulan .................................................................................................        7
B.  Saran ...........................................................................................................        7

BAB 1
IDENTITAS BUKU
Judul Buku            : Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
Nama Penulis        : Acep Yoni, S.S, dkk
Tebal Buku            : 228 Halaman
Nama Penerbit      : Qoni
Kota Penerbit        : Yogyakarta















BAB II
SUBSTANSI / ISI BUKU
Penelitian masih berupa menara gading. Semua guru mengakui pentingnya aktivitas penelitian, tetapi tidak setiap gutu mau melakukannya, Aktivitas penelitian masih dipandang sebagai kegiatan yang nomor sekian. Pada kenyataannya, tanpa penelitian pun kegiatan belajar mengajar dapat berlansung dengan baik.
Cara pandang di atas tentu tidak sepenuhnya salah. Penelitian belum menjadi prioritas utama. Pihak sekolah pun tampaknya masih jarang yang memasukkan penelitian dalam sekala prioritas rencana program kerjanya. Hal ini boleh jadi karena belum memahami benar hakikat penelitian.
            Buku berjudul MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ini berisikan tentang penelitian. Aspek yang dibahas antara lain meliputi hakikat penelitian dan keuntungan penelitian
A.  Hakikat Dan Jenis-Jenis Penelitian
Beberapa karakteristi penelitian yang perlu diketahui
1.        Penelitian dirancang untuk memecahkan masalah
2.        Penelitian dilakukan atas dasar masalah atau objek yang dapat di observasikan
3.        Penelitian memerlukan observasi dan data-data yang akurat
4.        Peneliti menuntut kesabaran ketelitian dan kecermatan.

Jenis-jenis penelitian
            Penelitian terus berkembang pesat. Beragam macam penelitian telah dikembangkan dan untuk mengikhtisarkan berbagai penelitian tersebut telah diusulkan pula berbagai macam penggolongannya.
tujuh macam jenis penelitian
1.        Penelitian diskripsi
2.        Penelitian historis
3.        Penelitian korelasional
4.        Penelitian kausal komparatif
5.        Penelitian eksperimen
6.        Penelitian grounded
7.        Penelitian tindakan (action research)

B.  Keuntungan Melakukan Penelitian Tindakan kelas
Secara naluriah sebenarnya seorang guru sangat peduli akan perkembangan anak didiknya. Dalam bentuk yang sangat sederhana guru melakukan pengamatan dan senantiasa memberikan dorongan serta stimulasi agar mereka mengoptimalkan potensinya.
C.  Modal dasar Menjadi Peneliti
1.      Jujur
2.      Objektif
3.      Berpengetahuan
4.      Cermat
5.      Mampu menulis

D.    Langkah-Langkah Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
1.      Carilah akar masalah atau latar belakang masala.
2.      Membuat tim
3.      Formulasikan masalah
4.      Menentukan judul penelitian
5.      Membuat hipotensis
6.      Mempersiapkan data
7.      Menentukan jadwal penelitian
8.      Merencanakan anggaran biaya penelitian
9.      Menyusun proposal penelitian
10.  Melakukan penelitian tindakan kelas
11.  Memublikasikan penelitian
E.     Panduan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas
1.      Buatlah daftar isi
2.      Susunan bagian perbagian bab per bab sebagaimana yang tercantum dalam daftar isi
3.      Poeriksa kembali ejaan, kalimat, tanda baca, lembar observasi, dan data-data anda pastikan semua dikerjakan cermat sebelu di ujikan

F.     Contoh Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Upaya meninkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperratif tipe tai siswa kelas VIIdi smp islam terpadu abu bakar yogyakarta tahun ajaran 2009/2010
.






















BAB III
PROBLEM / PERMASALAHAN
Dalam meresensi buku, tentulah kita harus menilai buku dari kelemahan / kekurangan dan kelebihan buku tersebut. Jadi pada intinya problem / permasalahan yang terdapat di dalam sebuah buku pasti adalah penilaian tentang kekurangan buku tersebut. Setiap buku sudah pasti mempunyai banyak kelebihan. Jadi dalam hal ini akan di  uraikan kekurangan dan kelebihan buku yang berjudul Menyusun Penelitian Tindakan Kelas

A.  Kelebihan Buku
Buku Menyusun Penelitian Tindakan Kelas ini disusun dengan bentuk buku yang tidak terlalu tebal namun isi dari buku ini menjelaskan tentang pembahasan yang lengkap dan judulnyapun menarik pembaca bagi mereka – mereka yang kuliah mengambil jurusan guru, karena bisa untuk menjadi bekal dalam menjadi seorang guru nantinya dalam proses belajar mengajar yang baik, dan untuk menjadi guru yang bukan hanya berperan sebagai pengajar yang hanya mentransformasikan ilmu saja kepada peserta didik, melainkan agar guru itu sebagai pendidik, yang bukan hanya mentransformasikan ilmu saja kepada peserta didik tetapi juga berperan dalam menciptakan tingkah laku dan budi pekerti peserta didik yang baik, karena itu merupakan wujud realisasi dari istilah yang mengatakan bahwa “ Guru adalah orang tua kedua setelah orang tua yang sebenarnya (kandung) “

B.  Kekurangan / kelemahan Buku
Di dalm buku yang berjudul Menyusun Penelitian Tindakan Kelas ini banyak sekali menggunakan Bahasa  ilmiah yang maknanya sulit untuk dipahami bagi saya pribadi khususnya dan bagi pembaca buku ini yang termasuk orang – orang awam pada umumnya. Jadi perlu adanya pemahaman khusus dan mendalam untuk memahami kata – kata maupun kalimat yang ada dalam buku ini. Dalam buku ini juga terdapat halaman-halaman yang tidak sesuai dengan daftar isi, sehingga menyulitkan bagi pembaca. Disamping itu juga pembahasan per babnya terlalu singkat. Dengan demikian yang dapat memahami isi buku hanya orang – orang yang tingkat intelektualnya tinggi, sementara bagi pembaca yang awan agak susah untuk memahami lebih dalam.
BAB IV
SOLVING / PEMECAHANNYA
Solving / pemecahannya menurut saya yaitu dengan mencantumkan keterangan arti dari kata – kata yang sifatnya ilmiah dengan cara dimasukkan di dalam kurung agar bagi pembaca yang tidak tahu maksudnya bisa membaca artinya yang ada di dalam kurung tersebut.
Penyesuaian daftar isi dengan pembahasan juga perlu diteliti sebelum buku ini dicetak agar tidak ada kesalahan penulisan halamannya. Serta penyesuaian halaman juga harus diurutkan sebelum pencetakkan buku ini.
Pembahasan per-babnya sebaiknya dibahas secara lengkap, jadi pembaca yang termasuk orang awam juga bisa dengan mudah memahami isi dan maksud dari buku ini. Kalau di sini terlalu singkat sehingga penjabarannya kurang detail dan seolah-olah hanya ditujukan kepada pembaca yang mempunyai tingkat keintelektualan yang tinggi.
Memang dalam buku ini lebih ditekankan pada pembaca yang berprofesi sebagai pengajar, namun alangkah baiknya jika pembaca selain pengajarpun dapat memahaminya.












BAB V
PENUTUP
A.      Kesimpulan

Penelitian terus berkembang pesat. Beragam macam penelitian telah dikembangkan dan untuk mengikhtisarkan berbagai penelitian tersebut telah diusulkan pula berbagai macam penggolongannya.
tujuh macam jenis penelitian
8.        Penelitian diskripsi
9.        Penelitian historis
10.    Penelitian korelasional
11.    Penelitian kausal komparatif
12.    Penelitian eksperimen
13.    Penelitian grounded
14.    Penelitian tindakan (action research)

B.       Saran

Setiap buku pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan semuanya itu mendapatkan sorotan dari pembaca, terlebih kekurangan buku tersebut. Jadi dalam penyusunan dan penulisan buku sebaiknya harus benar-benar teliti dan dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca merasa puas dengan buku yang kita buat. Karena dengan demikian dapat mengangkat citra sang penulis dan penyusun suatu buku. 



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon

Subscribe