RESENSI BUKU
MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Disusun Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Bimbingan Konseling
Disusun Oleh :
M. Ihsan Alamin
(201 207 010 13828)
(201 207 010 13828)
Dosen Pembimbing : Dr. Rofiatul Hosna, M. Pd
FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI
TEBUIRENG - JOMBANG
2014
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Puji
syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat, hidayah, dan karunianya
sehingga tugas meresensi buku yang berjudul “Menyusun Penelitian
Tindakan Kelas” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Tidak lupa
pula saya sebagaimengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah
membantu dan memberikan motivasi dalam upaya penyelesaian tugas ini.
Saya sangat berharap bahwa tugas meresensi buku yang saya buat ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang
telah membaca tugas saya ini pada umumnya dan bermanfaaat untuk
pembelajaran yang lebih baik lagi bagi saya pribadi pada khususnya.
Namun
demikian, dalam penyusunan tugas meresensi buku yang berjudul “Menyusun
Penelitian Tindakan Kelas” ini saya menyadari bahwa tidak menutup
kemungkinan dalam tugas ini masih banyak terdapat
kekurangan-kekurangannya, untuk itu saya mengharapkan masukan dan saran
dari pihak-pihak yang telah meneliti tugas saya ini demi keberhasilan
yang lebih baik lagi untuk waktu yang akan datang. Karena saya menyadari
bahwa segala kekurangan itu datangnya dari kita sendiri sebagai manusia
biasa yang tak luput dari kesalahan dan jika terdapat kelebihan, semua
itu tentu karena kehendak Allah SWT.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................ i
KATA PENGANTAR.......................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................... iii
BAB 1 IDENTITAS BUKU......................................................................................... 1
BAB II SUBSTANSI / ISI BUKU............................................................................... 2
A. Hakikat Dan Jenis-Jenis Penelitian.............................................................. 2
B. Keuntungan Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.................................... 3
C. Modal Dasar Menjadi Peneliti..................................................................... 3
D. Langkah-Langkah Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.............. 3
E. Panduan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas........................................ 3
F. Contoh Hasil Penelitian Tindakan Kelas..................................................... 4
BAB III PROBLEM / PERMASALAHAN................................................................ 5
A. Kelebihan Buku .......................................................................................... 5
B. Kelemahan Buku ......................................................................................... 5
BAB 1V SOLFING / PEMECAHANNYA.................................................................. 6
BAB VPENUTUP ........................................................................................................ 7
A. Kesimpulan ................................................................................................. 7
B. Saran ........................................................................................................... 7
BAB 1
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
Nama Penulis : Acep Yoni, S.S, dkk
Tebal Buku : 228 Halaman
Nama Penerbit : Qoni
Kota Penerbit : Yogyakarta
BAB II
SUBSTANSI / ISI BUKU
SUBSTANSI / ISI BUKU
Penelitian
masih berupa menara gading. Semua guru mengakui pentingnya aktivitas
penelitian, tetapi tidak setiap gutu mau melakukannya, Aktivitas
penelitian masih dipandang sebagai kegiatan yang nomor sekian. Pada
kenyataannya, tanpa penelitian pun kegiatan belajar mengajar dapat
berlansung dengan baik.
Cara
pandang di atas tentu tidak sepenuhnya salah. Penelitian belum menjadi
prioritas utama. Pihak sekolah pun tampaknya masih jarang yang
memasukkan penelitian dalam sekala prioritas rencana program kerjanya.
Hal ini boleh jadi karena belum memahami benar hakikat penelitian.
Buku berjudul MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ini berisikan tentang
penelitian. Aspek yang dibahas antara lain meliputi hakikat penelitian
dan keuntungan penelitian
A. Hakikat Dan Jenis-Jenis Penelitian
Beberapa karakteristi penelitian yang perlu diketahui
1. Penelitian dirancang untuk memecahkan masalah
2. Penelitian dilakukan atas dasar masalah atau objek yang dapat di observasikan
3. Penelitian memerlukan observasi dan data-data yang akurat
4. Peneliti menuntut kesabaran ketelitian dan kecermatan.
Jenis-jenis penelitian
Penelitian terus berkembang pesat. Beragam macam penelitian telah
dikembangkan dan untuk mengikhtisarkan berbagai penelitian tersebut
telah diusulkan pula berbagai macam penggolongannya.
tujuh macam jenis penelitian
1. Penelitian diskripsi
2. Penelitian historis
3. Penelitian korelasional
4. Penelitian kausal komparatif
5. Penelitian eksperimen
6. Penelitian grounded
7. Penelitian tindakan (action research)
B. Keuntungan Melakukan Penelitian Tindakan kelas
Secara
naluriah sebenarnya seorang guru sangat peduli akan perkembangan anak
didiknya. Dalam bentuk yang sangat sederhana guru melakukan pengamatan
dan senantiasa memberikan dorongan serta stimulasi agar mereka
mengoptimalkan potensinya.
C. Modal dasar Menjadi Peneliti
1. Jujur
2. Objektif
3. Berpengetahuan
4. Cermat
5. Mampu menulis
D. Langkah-Langkah Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
1. Carilah akar masalah atau latar belakang masala.
2. Membuat tim
3. Formulasikan masalah
4. Menentukan judul penelitian
5. Membuat hipotensis
6. Mempersiapkan data
7. Menentukan jadwal penelitian
8. Merencanakan anggaran biaya penelitian
9. Menyusun proposal penelitian
10. Melakukan penelitian tindakan kelas
11. Memublikasikan penelitian
E. Panduan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas
1. Buatlah daftar isi
2. Susunan bagian perbagian bab per bab sebagaimana yang tercantum dalam daftar isi
3. Poeriksa
kembali ejaan, kalimat, tanda baca, lembar observasi, dan data-data
anda pastikan semua dikerjakan cermat sebelu di ujikan
F. Contoh Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Upaya
meninkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model
pembelajaran kooperratif tipe tai siswa kelas VIIdi smp islam terpadu
abu bakar yogyakarta tahun ajaran 2009/2010
.
BAB III
PROBLEM / PERMASALAHAN
Dalam
meresensi buku, tentulah kita harus menilai buku dari kelemahan /
kekurangan dan kelebihan buku tersebut. Jadi pada intinya problem /
permasalahan yang terdapat di dalam sebuah buku pasti adalah penilaian
tentang kekurangan buku tersebut. Setiap buku sudah pasti mempunyai
banyak kelebihan. Jadi dalam hal ini akan di uraikan kekurangan dan
kelebihan buku yang berjudul Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
A. Kelebihan Buku
Buku Menyusun Penelitian Tindakan Kelas ini
disusun dengan bentuk buku yang tidak terlalu tebal namun isi dari buku
ini menjelaskan tentang pembahasan yang lengkap dan judulnyapun menarik
pembaca bagi mereka – mereka yang kuliah mengambil jurusan guru, karena
bisa untuk menjadi bekal dalam menjadi seorang guru nantinya dalam
proses belajar mengajar yang baik, dan untuk menjadi guru yang bukan
hanya berperan sebagai pengajar yang hanya mentransformasikan ilmu saja
kepada peserta didik, melainkan agar guru itu sebagai pendidik, yang
bukan hanya mentransformasikan ilmu saja kepada peserta didik tetapi
juga berperan dalam menciptakan tingkah laku dan budi pekerti peserta
didik yang baik, karena itu merupakan wujud realisasi dari istilah yang
mengatakan bahwa “ Guru adalah orang tua kedua setelah orang tua yang
sebenarnya (kandung) “
B. Kekurangan / kelemahan Buku
Di dalm buku yang berjudul Menyusun Penelitian Tindakan Kelas ini
banyak sekali menggunakan Bahasa ilmiah yang maknanya sulit untuk
dipahami bagi saya pribadi khususnya dan bagi pembaca buku ini yang termasuk orang – orang awam pada umumnya. Jadi
perlu adanya pemahaman khusus dan mendalam untuk memahami kata – kata
maupun kalimat yang ada dalam buku ini. Dalam buku ini juga terdapat
halaman-halaman yang tidak sesuai dengan daftar isi, sehingga
menyulitkan bagi pembaca. Disamping itu juga pembahasan per babnya
terlalu singkat. Dengan demikian yang dapat memahami isi buku hanya
orang – orang yang tingkat intelektualnya tinggi, sementara bagi pembaca
yang awan agak susah untuk memahami lebih dalam.
BAB IV
SOLVING / PEMECAHANNYA
Solving
/ pemecahannya menurut saya yaitu dengan mencantumkan keterangan arti
dari kata – kata yang sifatnya ilmiah dengan cara dimasukkan di dalam
kurung agar bagi pembaca yang tidak tahu maksudnya bisa membaca artinya
yang ada di dalam kurung tersebut.
Penyesuaian
daftar isi dengan pembahasan juga perlu diteliti sebelum buku ini
dicetak agar tidak ada kesalahan penulisan halamannya. Serta penyesuaian
halaman juga harus diurutkan sebelum pencetakkan buku ini.
Pembahasan
per-babnya sebaiknya dibahas secara lengkap, jadi pembaca yang termasuk
orang awam juga bisa dengan mudah memahami isi dan maksud dari buku
ini. Kalau di sini terlalu singkat sehingga penjabarannya kurang detail
dan seolah-olah hanya ditujukan kepada pembaca yang mempunyai tingkat
keintelektualan yang tinggi.
Memang
dalam buku ini lebih ditekankan pada pembaca yang berprofesi sebagai
pengajar, namun alangkah baiknya jika pembaca selain pengajarpun dapat
memahaminya.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Penelitian
terus berkembang pesat. Beragam macam penelitian telah dikembangkan dan
untuk mengikhtisarkan berbagai penelitian tersebut telah diusulkan pula
berbagai macam penggolongannya.
tujuh macam jenis penelitian
8. Penelitian diskripsi
9. Penelitian historis
10. Penelitian korelasional
11. Penelitian kausal komparatif
12. Penelitian eksperimen
13. Penelitian grounded
14. Penelitian tindakan (action research)
B. Saran
Setiap
buku pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan semuanya itu
mendapatkan sorotan dari pembaca, terlebih kekurangan buku tersebut.
Jadi dalam penyusunan dan penulisan buku sebaiknya harus benar-benar
teliti dan dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca merasa puas dengan
buku yang kita buat. Karena dengan demikian dapat mengangkat citra sang
penulis dan penyusun suatu buku.
komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon