DAMPAK INVASI MONGOL TERHADAP PERADABAN ISLAM

05.49.00



BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
invasi pasukan Mongol terhadap wilayah-wilayah Islam adalah tragedi besar yang tidak ada tandinggannya sebelum ini dan sesudahnya. Kaum muslimin mengalami kerugian yang tidak terhitung akibat kolonialisme.
bangsa Mongol tersebut tidak menyisakan seorang pun, semuanya dibabat habis. Tidak ada pengecualian antara laki-laki, wanita dan ank-anak. Invasi pasukan Mongol berimbas pada perubahan sosial, moralitas dan politik terhadap negeri-negeri Islam. Sebagaimana invasi pasukan Mongol mengakibatkan dampak negatif dalam masyarakat Islam, disamping itu juga mengakibatkan dampak positif bagi ummat Islam, yaitu membangun perasaan kaum muslimin terhadap pentingnya persatuan membuang jauh-jauh perpecahan.
Rumusan Masalah
Siapa bangsa mongol
Aliran kepercayaan
Apa dampak positive maupun negative kekuasaan mongol terhadap wilayah islam
Mengapa bangsa mongol sampai menginvasi islam

BAB II
PEMBAHASAN

A.           SEJARAH SINGKAT BANGSA MONGOL
Bangsa mongol berasal dari daerah pegunungan Mongalia, yang membentang dari Asia Tengah sampai ke Siberia Utara, Tibet Selatan dan Manchurian Barat dan Turkistan Timur.(Samsul Munir,2009:212). Nenek moyang mereka bernama Aljan Khan, yang mempunyai dua putera kembar, Tartar dan Mongol. Kedua putra itu melahirkan dua suku bangsa besar, mongol dan tartar.
Sistem perekonomian mereka adalah berternak, berburu dan perdagangan tradisional, yaitu mempertukarkan kulit hewan dengan kulit hewan lain.
Orang-orang mongol mempunyai watak  kasar, suka berperang, dan berani menghadang maut demi mencapai tujuannya. Akan tetapi mereka sangat patuh kepada pemimpinya.
Kepercayaan bangsa mongol adalah Syamanism, menyembah binatang-binatang, dan sujud kepada matahari.(Badrin Yatim, 2013:111-112).
dan diantara syariatnya adalah tidak mengharamkan apapun kepada pengikutnya untuk makan hewan apa saja yang mereka temui meskipun sudah menjadi bangkai.
B.            Terjadinya invasi mongol ke wilayah islam
Invasi mongol ke wilayah islam terjadi karena peristiwa Utrar 1218M. Gubernur Khawarizm membunuh para utusan Jenghiz yang disertai pula oleh saudagar muslim. Peristiwa tersebut menyebabkan mongol menyerbu wilayah islam, dan dapat menaklukan Transoxania yang merupakan wilayah khawarizm.
Kemudian mereka masuk bukhara, Samarkhand, Khurasan, Quzwain, Hamadzan, Bukhara, dan Azerbaijan. Di setiap daerah yang dilaluinya, pembunuhan besar-besaran terjadi, bangunan dihancurkan. Sekolah-sekolah dan masjid dibakar oleh jenghiz khan. .(Samsul Munir,2009:213-214). Sedangkan Hulagu Khan menghabisi Kekhalifahan Abbasiyah, dan menghancurkan Baghdad

C.           DAMPAK INVASI MONGOL
Ada 2 dampak akibat terjadinya Baghdad jatuh ke Mongol, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
1.      Dampak negatifnya
kehancuran tampak jelas dimana-mana akibat serangan Mongol sejak wilayah timur hingga ke barat. Kehancuran kota-kota dengan bangunan-bangunan yang memperburuk situasi umat islam. Pembunuhan terhadap umat islam terjadi, bukan hanya pada masa Hulagu yang membunuh Khalifah Abbasiyah dan keluarganya, tetapi pembunuhan dilakukan juga terhadap umat islam yang tidak berdosa. Argun membunuh umat islam dan mencopotnya umat islam dari jabatan-jabatan penting Negara.
Bangsa Mongol yang asal mulanya memeluk agama nenek moyang mereka, lalu beralih memeluk agama Budha rupanya bersimpati kepada orang-orang Kristen yang bangkit kembali pada masa itu dan menghalang-halangi dakwah islam di kalangan Mongol. Yang lebih fatalnya lagi adalah hancurnya Baghdad sebagai pusat dinasti Abbasiyah yang didalamnya terdapat tempat belajar dengan fasilitas perpustakaan, hilang lenyap dibakat oleh Hulagu
Akibat pembunuhan besar besaran dan kerusakan kota di baghdad timbullah penyakit tipes lantaran mayat-mayat yang bergelimpangan belum sempat dikebumikan. .(Samsul Munir,2009:217).

2.      dampak positifnya
antara lain disebabkan mereka berasimilasi dan bergaul dengan masyarakat muslim dalam jangka waktu yang panjang, seperti yang dilakukan oleh Gazan Khan (1295-1304) yang menjadikan islam sebagai agama resmi kerajaannya, walaupun ia pada mulanya beragama Budaha. Rupanya, ia telah mempelajari agama-agama sebelum menetapkan keislamannya, dan yang lebih mendorongnya masuk Islam ialah pengaruh seorang menterinya Rasyiduddin yang terpelajar dan ahli sejarah yang terkemuka yang selalu dialog dengannya, dan Nawruz, seorang gubernurnya untuk beberapa provinsi Siria. Ia menyuruh kaum Kristen dan Yahudi untuk membayar jizyah dan memerintahkan mencetak uang yang bercirikan islam, melarang riba, menyuruh para pemimpinnya menggunakan sorban. Ia meninggal ketika masih berumur 32 tahun, karena tekanan batin yang berat sehingga ia sakit dan menyebabkan kematiannya ketika pasukannya kalah di Siria dan munculnya sebuah komplotan yang berusaha untuk mengusirnya dari kekuasaannya.
Sepeninggal Gazan digantikan oleh Uljaitu Khuda Banda (1305-1316) yang memperlakukan alirah Syiah sebagai hukum resmi kerajaannya. Ia mendirikan ibukota baru yang bernama Sultaniyah dekat Qazwain yang dibangun dengan arsitektur khas II Khaniyah. Banyak koloni dagang Italia terdapat di Tabriz dan II Khaniyah menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan antara dunia barat dan india serta Timur Jauh. Namun, perselisihan dalam keluarga Dinasti II Khaniyah menyebabkan runtuhnya kekuasaan mereka. (Dedi Supriyadi, 2008 : 177-186)

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Terjadinya invasi mongol membuat dampak yang begitu besar bagi umat islam yang bisa kita rasakan sampai sekarang yaitu hilangnya perpustakaan umat muslim pada masa itu.
Dan umat islam mengalami kemunduran.








DAFTAR PUSTAKA


Dedi Supriyadi, M.A, Sejarah Peradaban Islam,Pustaka Setia, Bandung,  2008
Samsul Munir Amin, Sejarah Peradaban Islam, amzah, jakarta, 2009
Badrin Yatim, Sejarah Peradaban Islam, PT Rajagrafindo persada, Jakarta, 2013
http://dikot.blogspot.co.id/2009/11/sejarah-peradaban-islam-invasi-invasi.html diakses pada tanggal 5 mei  2016




   melayani pembuatan: kaos, kemeja, jamper, pdl, polo, hoodie, sweater, topi, sablon kerudung almamater dll 
 untuk partai besar maupun kecil

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog kami EmoticonEmoticon

Subscribe